Jumaat, 24 Jun 2016

Hal yang Membuat Puasa Tidak Berpahala Atau Makruh

    Hai, Kembali di blog Gamine,sebelumnya Saya ucapkan ''selamat Menunaikan Ibadah Puasa''.kembali ket Topik, kali ini Kita Akan Membahas Tentang 'Hal yang Membuat Puasa Tidak Berpahala',berpuasa wajib hukumnya bagi orang islam dan dan puasa yang paling sering dilakukan ialah puasa ramadhan,sebenarnya banyak Jenis Puasa selain puasa Ramadhan, yaitu Puasa SENIN-KAMIS,puasa hari arafah,puasa muharrom,puasa assyuro,dan puasa dawud. dalam Puasa pun kita pasti Pernah buka sebelum waktunya,atau batal yang disebabkan oleh berbagai macam hal seperti mimpi basah pada siang hari,muntah,dan makan dam minum dengan sengaja yang menyebabkan sedikit pahala yang didapatkan atau bahkan tidak sama sekali,sebenarnya bukan hal yang diatas saja yang menyebabkan puasa tidak berpahala atau Makruh,Simak Dibawah Ini.

1.Marah-marah Tanpa Sebab

 Walaupun ketika puasa , terkadang ada saja hal yang dapat memancing emosi kita . Namun sesungguhnya salah satu tujuan berpuasa yaitu bukan hanya menahan hawa nafsu lapar dan dahaga ,tetapi kita juga harus mampu menahan hawa nafsu amarah . Jadi , marah merupakan hal yang makruh dilakukan ketika berpuasa . Mengapa ?  karena dengan marah dapat menimbulkan masalah – masalah lain , seperti menimbulkan rasa benci . Selain itu juga marah dapat menyebabkan kehabisan tenaga . Jadi , ketika berpuasa maka kita hindari yang namanya amarah baik itu hal sepele ataupun hal yang serius . Sesungguhnya amarah tidak menyelesaikan permasalahan .

2.Berkumur yang berlebihan dengan maksud ingin menyegarkan mulut
    Ketika mengerjakan ibadah puasa ramadhan , kita dimakruhkan untuk melakukan kumur – kumur yang berlebihan dan melakukan istinsyaq atau menghirup air sekali nafas ke dalam hidung sampai ujung.

3.Ciuman atau Bercumbu
  Di makruhkan untuk ciuman bagi orang yang sedang mengerjakan ibadah puasa , karena ciuman dapat menyebabkan nafsu syahwat dan keluarnya sperma . Dan hal ini dapat menyebabkan rusaknya bahkan dapat membatalkan puasa orang tersebut .
  Walaupun ciuman tidak langsung menyebabkan keluarnya air mani , tetapi ciuman merupakan langkah awal menuju terjadinya terpancingnya nafsu syahwat , maka dari itu hal ini dimakruhkan bagi orang yang sedang berpuasa .

4. membayangkan hal-hal jorok
  Dimakruhkan bagi seseorang yang sedang berpuasa , memikirkan dan membayangkan masalah hubungan badan atau jima’ . Karena hal ini dapat memancing orang tersebut melakukan hal seperti yang di bayangkan . Dan bisa juga dengan membayangkan dapat memicu keluarnya air mani , dan hal ini sudah jelas membatalkan puasa

5.Ghibah
   Ghibah atau menggunjing atau bahasa kerennya menggosip merupakan perbuatan yang sangat sering dilakukan oleh semua kalangan tidak orang kaya , miskin , pria wanita , anak muda ataupun orang tua . Dan bahkan sering kali diantara kita walaupun sedang berpuasa , masih tetap melakukanya. Dan hal ini juga merupakan hal yang makruh dilakukan ketika berpuasa . Karena selain merugikan orang lain , ha itu juga dapat merugikan kita sendiri daripada waktu luang untuk menggunjing.

Artikel Terkait

Hal yang Membuat Puasa Tidak Berpahala Atau Makruh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Donate and coment. Happy blogging 😊